Manfaat Kapas Dalam Kehidupan Sehari Hari – Kapas berasal dari bahasa sansekerta yaitu Karpasa yang artinya serat halus yang menyelubungi biji beberapa jenis gossypium (biasa disebut  “pohon/tanaman kapas”), tumbuhan semak yang berasal dari daerah tropika dan subtropika. Serat Kapas menjadi bahan penting dalam industri tekstil. Serat itu dapat dipintai menjadi benang dan ditenun menjadi kain. Produk tekstill dari serat kapas biasa disebut sebagai katun.

Baca Juga :


Serat kapas merupakan produk yang berharga karena hanya sekitar 10% dari berat kotor (bruto) produk hilang dalam pemrosesan. Apabila lemak, protein, malam (lilin), dan lain-lain residu disingkirkan, sisanya adalah polimer selulosa murni dan alami. Selulosa ini tersusun sedemikian rupa sehingga memberikan kapas kekuatan, daya tahan (durabilitas), dan daya serap yang unik namun disukai orang. Tekstil yang terbuat dari kapas (katun) bersifat menghangatkan di kala dingin dan menyejukkan di kala panas (menyerap keringat).

Terus apa saja manfaat kapas bagi kehidupa sehari-hari?

Berikut manfaat kapas dalam kehidupan sehari hari

  1. Sebagai bahan pembuatan benang

Manfaat pertama dari serat kapas adalah untuk diolah menjadi bentuk benang. Benang yang terbuat dari serat pas dapat diolah lagi sebagai bahan dasar pada pabrk tekstil dan juga konveksi, aaupun dapat dijual secaragulungan ke dalam toko – toko kain yang nantinya akan dibeli sebagai bahan produksi dari tukang jahit dan bagi siapapun yang hobi menjahit.

 

  1. Bahan utama pembuatan kain dan bahan tekstil

Serat kapas yang sudah menjadi lemabran benang-benang kemudian dapat dimasukkan ke dalam pabrik tekstil. Di dalam pabrik tekstil inilah, serat dari kapas diolah menjadi lembaran kain tenun yang saat ini sering kita kenal dengan istilah kain katun. Biasanya, kain ini sering dimanfaatkan oleh para produsen tekstl untuk memproduksi hasil kain yang bermanfaat untuk masyarakat luas, seperti :

  • serbet
  • saputangan
  • sprei dan bed cover

 

  1. Bahan utama baju dan kebutuhan sandang berbahan katun

Selain menjadi bagian dari taplak meja, serbet manfaat serat kapas dalam kehidupan sehari hari telah diolah menjadi bahan katun pun, menjadi lahan bisnis yang menarik. Salah satunya adalah pengolahan bahan dasar kain katun yang terbuat dari serat kapas menjadi bahan sandang alias pakaian. Biasanya, bahan sandang atau pakaian yang dibuat dengan menggunakan kain katun adalah kaos, kemeja, celana jeans, celana pendek, dan juga berbagai macam aksesoris lainnya yang baisa digunakan sebagai bahan sandang alias pakaian. Keunggulan dari bahan sandang dan pakaian yang terbuat dari serat kapas ini antara lain :

  • menyerap keringat
  • kuat
  • menyejukkan ketika panas dan hangat ketika dingin
  • mudah untuk divariasikan dalam bentuk sablon

 

  1. Kapas kecantikan dan kapas pembersih

Nah, manfaat lainnya dari serat kapas yang pastina sudah anda ketahui dan sering anda gunakan sehari – hari di rumah adalah kapas kecantikan. Sudah tau kan jenis kapas ini? ya, inilah salah satu produk kapas yang cukup membantu kita dalam melakukan perawatan wajah. Kapas kecantikan ini biasanya berwarna putih, dan dikemas dalam plastic tertentu. Kapas ini dapat anda temukan dengan mudah pada supermarket dan juga minimarket terdekat di rumahh anda. biasanya, kapas jenis ini sering kita manfaatkan untuk kedua hal di bawah ini :

  • untuk membersihkan wajah
  • untuk membersihkan benda elektronik dengan menggunakan alkohol

 

  1. Sebagai bahan utama spons bedak

Anda yang sering menggunakan make up pastinya sudah tidak asing lagi dengan bedak. Untuk menutulkan bedak pada wajah anda, maka diperlukan sebuah sponge agar bedak dapat menempel dengan sempurna pada wajah anda. tahukah anda, apa bahan utama dari spons yang anda gunakan untuk bedak itu? Ya, spons itu terbuat dari serat kapas, karena itu spons untuk bedak memilki tekstur yang sangat halus dan juga lembut untuk wajah anda.

 

  1. Perban dan plester luka

Manfaat serat kapas bagi tubuh yang perlu anda ketahui adalah sebagai salah satu bahan dasar pembuatan perban dan juga plester, atau juga sering kita kenal dengan istilah kain kasa. Kain kasa ini sangat berguna, terutama dalam dunia kedokteran dan juga pertolongan pertama pada kecelakaan, yang dapat berfungsi untuk banyak hal antara lain adalah untuk membalut luka dan juga membalut tulang yang mengalami patah tulang.

 

  1. Sebagai ornamen dan hiasan

Anda pernah melihat pohon natal? Beberapa orang menggunakan kapas sebagai salah satu bahan tambahan untuk menghias pohon natal mereka. Ya, kapas yang memilki warna putih bersih sering dianalogikan seperti sebuah tumpahan salju pada pohon natal di rumah. Selain itu, kapas dengan warna yang putih juga sering dijadikan sebagai salah satu ornament hiasan, terutama pada kerajinan-kerajinan dan keterampilan anak, seperti membuat poster dan juga membuat janggut dan rambut.

 

  1. Sebagai komoditi ekspor

Kapas merupakan slah satu komoditi ekspor yang menjajikan. Hal ini tentu saja dapat meningkatkan pemasukan negara kita. Keadaan ini juga dapat membantu meningkatkan pendapat per kapita dari suatu negara, karena adanya ekspor kapas ke luar negeri.

 

  1. Cotton Bud

Manfaat serat kapas terakhir adalah pembuatan cotton bud. Yap, cotton bud merupakan salah satu produk kapas yang sering dimanfaatkan oleh kita sebagai salah satu alat yang sangat pentin guntuk membantu membersihkan bagian telinga kita. Dengan teksturnya yang lembut dan halus, maka tidak perlu khawatir cotton bud akan menimbulkan infeksi dan luka pada baian telinga kita.

Nah, itulah bebrapa manfaat penting dari serat kapas yang perlu anda ketahui. Pada dasarnya, industri pengolahan kapas merupakan salah satu industri yang cukup menguntungkan. Hal ini dikarekana oleh kondisi serat kapas itu sendiri yang mudah untk diolah, dan juga hanya 10% dari berat kotor kapas yang dibuang menjadi residu. Dengan demikian, 90% dari berat kapas tersebut dapat dimanfaatkan untuk kepentingan konsumsi dan olahan.

Sumber : Manfaat.co.id

 

BAGIKAN