Ketahui Kelebihan Dan Kekurangan Perabot Berbahan Particle Board – Perabotan dalam rumah tangga merupakan salah satu hal yang termasuk penting untuk mendukung dekorasi rumah. Namun sebelum memilih perabot, pahami dulu dari bahan apa perabot tersebut dibuat.

Kali ini kita akan membahas tentang Particle Board atau biasa disebut juga sebagai Soft Board, Particle Board adalah papan / kayu buatan yang dibuat dari serbuk-serbuk bekas pengukiran kayu atau penggergajian kayu yang di press (dipadatkan) dan digunakan perekat agar menyerupai kayu.

Pada umumnya, permukaan Particle Board dilapisi dengan bahan sejenis kertas (HPL) agar lebih indah. Namun Particle Board juga memiliki kelebihan dan kekurangan.

Baca Juga :


Ketahui kelebihan dan kekurangan perabot berbahan particle board :

Kelebihan :

1. Memiliki Bentuk Yang Bermacam – macan
Karena particle board memiliki bobot yang ringan dan cenderung lebih lembut dibandingkan kayu tulen. Membuat particle board menjadi mudah dibentuk sehingga wajar jika perabot yang berbahan particle board biasanya bentuknya indah dan tidak dapat ditemui pada perabot berbahan kayu tulen.

2. Mudah Di Bongkar Pasang
Maksud dari kata bongkar pasang adalah, jika perabot anda berukuran besar, seperti lemari baju misalnya, pasti akan sangat sulit dipindahkan apalagi jika ukuran perabot anda lebih besar dari pintu. Tapi itu tidak masalah jika perabotan anda adalah perabotan berbahan particle board, karena perabotan berbahan particle board mudah dilepas dan dipasang kembali.

3. Memiliki Harga Lebih Murah Dari Kayu Tulen
Selain mudah dibentuk dan mudah dibongkar pasang, particle board juga memiliki harga yang jauh lebih murah dari kayu tulen loh.

Kekurangan :

1. Mudah Rapuh
Karena particle board merupakan kayu yang terbuat dari hasil pressan atau serbuk kayu yang dipadatkan, sehingga jika particle board terkena air atau lembab. Lama kelamaan particle board akan rapuh atau lapuk sehingga mudah patah.

2. Tidak Tahan Terhadap Berat
Tentu saja particle board tidak memiliki daya tahan yang kuat seperti kayu tulen, karena particle board hanya terbuat dari serbuk kayu yang dipadatkan, sehingga particle board tidak bisa menahan beban yang terlalu berat.

3. Mudah Rusak
Mudah rusak bukan berarti tidak bisa dipakai, mudah rusak juga dalam arti penggunaannya harus hati-hati, karena jika terbentur, perabot berbahan particle board akan mudah rusak. Dan harus berhati-hati pada bagian engsel, karena skrup pada engsel mudah sekali terlepas, jika sudah terlepas, akan sulit untuk dipasang kembali

Ketahui kelebihan dan kekurangan perabot berbahan particle board

BAGIKAN